Untuk Memilih Katalog Parcel Buah Klik Tulisan >> Parcel Buah <<

Manfaat Buah Jeruk Untuk Orang Sakit

*Kandungan Vitamin dalam Buah Jeruk
Buah Jeruk, Siapa yang tidak tau dengan buah yang satu ini. Buah yang dominan memiliki rasa masam kemanisan ini sangat digemari di berbagai negara termasuk Indonesia. Buah Jeruk ini di perkirakan berasal dari Asia. Selain memiliki rasa yang menyegarkan, Juga memiliki kandungan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Buah Jeruk ini dapat dimanfaatkan secara keseluruhan. Selain menjadi bahan pangan, buah ini juga sering dijadikan berbagai produk – produk industri seperti wewangian dan sebagainya.

Buah Jeruk ini memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh kita, diantaranya :
1.      Vitamin C
2.      Potasium
3.      Karbohidrat
4.      Kalsium
5.      Folat
6.      Niacin / Vitamin B3
7.      Thiamin / Vitamin B1
8.      Riboflavin / Vitamin B2
9.      Pyridoxine / Vitamin B6
10.   Asam Pantotenat / Vitamin B5
11.   Tembaga
12.   Magnesium
13.   Senyawa Fitokimia

*Jenis Jeruk Diseluruh Dunia
Jeruk adalah salah satu buah yang banyak di gemari masyarakat. Rasanya yang masam kemanisan menjadi kesegaran tersendiri saat di konsumsi. Jeruk termasuk buah yang memiliki banyak jenis. Antara lain adalah :

1. Jeruk Manis
Jeruk ini adalah jeruk yang di Indonesia sangat digemari karna jeruk ini adalah jeruk yang paling mudah ditemui di sekitar. Jeruk ini di Indonesia dibagi kembali menjadi beberapa jenis yang tentunya memiliki rasa khas yang berbeda - beda dan beberapanya adalah menjadi favorit masyarakat, contohnya : Jeruk Pontianak, Jeruk Medan, Jeruk Keprok, dan Sunkist.


2. Jeruk Nipis
Jeruk ini memiliki rasa masam  yang bagus untuk kesehatan. Jeruk ini berbentuk bulat kecil licin karena mengandung banyak air. Jeruk ini Berwarna hijau sedikit kuning setelah matang. perasan jeruk ini biasa digunakan sebagai penghilang bau amis pada daging/ikan.


3. Jeruk Lemon
Jeruk ini sering di gunakan menjadi hiasan pada gelas minuman - minuman. Jeruk ini memiliki rasa yang tidak jauh dari jeruk nipis namun memiliki aroma yang khas. Jeruk Lemon ini berwarna kuning muda setelah matang.



4. Jeruk Bali
Jeruk ini adalah jeruk paling besar ukuranya dibanding jenis - jenis jeruk yang lain. Kulit jeruk ini memilik warna hijau dan ukurannya tebal. warna dagingnya merah muda dan memiliki rasa masam kemanisan.


5. Jeruk Mandarin (Ponkam)
Buah Jeruk ini memiliki warna jingga terang, ukurannya sama dengan jeruk manis yang lain dan rasanya masam kemanisan layaknya jeruk yang lain.


6. Jeruk Purut
Berbeda dengan jeruk yang lain, Jeruk ini hanya sering di jadikan rempah bahan makanan atau yang lainnya. Buahnya berukuran kecil sebanding dengan jeruk nipis namun di bagian kulitnya memiliki benjolan - benjolan atau gelombang yang menjaadi ciri khasnya.


7. Jeruk Kumquat
Jeruk ini memiliki ukuran sedikit kecil dan bentuknya oval memanjang. Rasanya manis dan wrnanya kuning cerah.


8. Jeruk Santang
Jeruk Santang ini memiliki bentuk yang berukuran kecil seukuran dengan Jeruk Nipis namun warnanya kuning cerah. Buah Jeruk Santang ini memiliki varian rasa yang berbeda - beda, mulai dari sangat manis hingga masam segar dan cukup sulit untu memastikan rasa jeruk tersebut karena ukuran atau warna tidak menjamin tingkat kemanisan pada jeruk ini.


9. Jeuk Jerpaya (Sukade)
Jeruk ini berbentuk sedikit besar dan berbentuk pepaya, itu menjadi alasan kenapa jeruk ini dikenal sebagai jerpaya (Jeruk-Pepaya) Jeruk ini sering dijadikan sebagai obat herbal dan manisan.


10. Jeruk Satsuma
Jeruk jenis ini sangat populer di negara asalnya, yaitu Jepang. Buah ini hidup di daerah dingin dan bentuknya menyerupai Pear. Aromanya yang harum dan rasanya yang manis menjadi kesukaan setiap orang. Sebagian Jeruk Satsuma ini hampir tidak memiliki Biji.


11. Jeruk Jari Budha
Jeruk ini adalah buah Jeruk yang memiliki bentuk ter unik di antara keluarga jeruk - jerukan. Pasalnya walaupun memiliki ciri - ciri seperti jeruk lainnya namun buah jeruk ini memiliki bentuk yang menyerupai Jari - jari dan bila matang warnanya akan menjadi kuning muda. Buah jeruk ini sangat sering dijadikan manisan, pengharum ruangan, dan obat - obatan herbal karena memang buah ini memiliki banyak khasiat.


12. Jeruk Darah
Buah Jeruk ini adalah yang langka diantara jeruk lainnya. Ciri - ciri buah jeruk ini memiliki bentuk bulat berukuran sedang, kulitnya oren kemerahan, dan buahnya berwarna merah ke unguan. Jeruk ini sangat berguna bagi kesehatan, terbukti beberapa ilmuan menjadikan buah ini sebagai obat untuk penyakit yang cukup berbahaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar